Salam sejahtera
bagikita semua.
Hai rekan-rekan
dunia tutorial bandiman, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan atau
sharing tentang Microsoft Excel. Tanpa basa basi yang panjang, langsung saja
kita bahas tentang
.
.
Microsoft excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet
yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows Mac
OSX dan iOS dalam Ms. Excel terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan
seperti grafik, kalkulasi tabel dan lainnya.Yang menarik dari Ms. Excel adalah
banyaknya fungsi-fungsi atau rumus yang tersedia diantaranya SUM, LOWER, UPPER,
, RAND, AVERAGE, MAX, MIN, COUNT, HLOOKUP, VLOOKUP, MATCH, LOGIKA IF dan masih
banyak yang lainnya.
Dari sekian
banyaknya rumus atau fungsi yang ada di Ms.Excel pada artikel ini saya sudah
rangkum bahwa rumus yang sering digunakan dan paling umum dalam
mengoperasionalkan Ms.Excel adalah sebagai berikut.
1. SUM
Rumus SUM pada Ms.Excel digunakan untuk menjumlah
suatu data dalam sebuah kumpulan data. Untuk penulisan rumusnya yaitu,
=SUM(number1, number2, dan seterusnya)
2.
AVERAGE
Rumus AVERAGE yaitu rumus untuk mendapatkan nilai
rata-rata yang dihasilkan dari kumpulan data yang dibuat. Penulisan rumusnya
yaitu,
=AVERAGE(number1, number2, dan seterusnya)
3.
MAX
Rumus MAX digunakan untuk mencari nilai paling
tinggi dari suatu kumpulan data. Penulisan rumusnya yaitu,
=MAX(number1, number2, dan seterusnya)
4.
MIN
Selain rumus mencari nilai tinggi atau MAX pada
Ms.excel juga memiliki rumus sebaliknya yaitu rumus MIN atau rumus untuk
mencari nilai terendah pada sekumpulan data numerik pada sheet excel. Penulisan
rumusnya yaitu
=MIN(number1, number2, dan seterusnya)
5.
LOGIKA IF
Rumus LOGIKA IF digunakan jika data yang akan
dimasukkan memiliki suatu kondisi tertentu.
Penulisan rumusnya yaitu,
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Pada contoh dimisalkan bahwa untuk isian pada kolom nilai
akhir itu jika jumlah nilai kurangdari atau sama dengan 300 maka nilainya C, jikakurang dari B A
*catatan : untuk penulisan pada rumus bilamana hasilnya
akan disajikan dalam tipe teks maka harus memakai tanda kutip dua ( “teks“ ).
Demikian lima
rumus yang sering digunakan pada Microsoft Excel, semoga bermanfaat bagi
rekan-rekan semua. Teruslah belajar dan berlatih agar dapat mahir dalam
mengoperasionalkan Microsoft Excel.
Silahkan bila
mana ada kritik dan saran atau kita saling share materi tentang Ms.Excel langsung saja isi pada kolom komentar yang
ada di bawah ini.
Sekian....
terimakasih !
No comments:
Post a Comment