Sunday, March 24, 2019

5 Rumus Microsoft Excel Yang Sering Digunakan


Salam sejahtera bagikita semua.
Hai rekan-rekan dunia tutorial bandiman, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan atau sharing tentang Microsoft Excel. Tanpa basa basi yang panjang, langsung saja kita bahas tentang
5 Rumus Microsoft Excel yang sering digunakan.

.
.
 Microsoft excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows Mac OSX dan iOS dalam Ms. Excel terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi tabel dan lainnya.Yang menarik dari Ms. Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi atau rumus yang tersedia diantaranya SUM, LOWER, UPPER, , RAND, AVERAGE, MAX, MIN, COUNT, HLOOKUP, VLOOKUP, MATCH, LOGIKA IF dan masih banyak yang lainnya.
Dari sekian banyaknya rumus atau fungsi yang ada di Ms.Excel pada artikel ini saya sudah rangkum bahwa rumus yang sering digunakan dan paling umum dalam mengoperasionalkan Ms.Excel adalah sebagai berikut.

1.      SUM
Rumus SUM pada Ms.Excel digunakan untuk menjumlah suatu data dalam sebuah kumpulan data. Untuk penulisan rumusnya yaitu,
=SUM(number1, number2, dan seterusnya)





2.      AVERAGE
Rumus AVERAGE yaitu rumus untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari kumpulan data yang dibuat. Penulisan rumusnya yaitu,
=AVERAGE(number1, number2, dan seterusnya)



3.      MAX
Rumus MAX digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data. Penulisan rumusnya yaitu,
=MAX(number1, number2, dan seterusnya)



4.      MIN
Selain rumus mencari nilai tinggi atau MAX pada Ms.excel juga memiliki rumus sebaliknya yaitu rumus MIN atau rumus untuk mencari nilai terendah pada sekumpulan data numerik pada sheet excel. Penulisan rumusnya yaitu
=MIN(number1, number2, dan seterusnya)

5.      LOGIKA IF
Rumus LOGIKA IF digunakan jika data yang akan dimasukkan memiliki suatu kondisi tertentu.
Penulisan rumusnya yaitu,
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)



Pada contoh dimisalkan bahwa untuk isian pada kolom nilai akhir itu jika jumlah nilai kurangdari atau sama dengan  300 maka nilainya C, jikakurang dari  B A
*catatan : untuk penulisan pada rumus bilamana hasilnya akan disajikan dalam tipe teks maka harus memakai tanda kutip dua ( teks ).

Demikian lima rumus yang sering digunakan pada Microsoft Excel, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Teruslah belajar dan berlatih agar dapat mahir dalam mengoperasionalkan Microsoft Excel.

Silahkan bila mana ada kritik dan saran atau kita saling share materi tentang Ms.Excel  langsung saja isi pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Sekian.... terimakasih !


kunjungi kami di
FB :  Bandiman Channel


Youtube Channel :  BandimanChannel



No comments:

Post a Comment